Karya wisata Siswa Pembekalan Bahasa Thailand PDF Print E-mail
Written by penerangan kodiklat   
Wednesday, 04 September 2013 08:34

siswamanca   siswamanca1

      Cimahi - Dalam Rangka mengenalkan Budaya Bangsa Thailand siswa pembekalan Bahasa Thailand melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) dengan menerapkan metode karya Wisata, bertempat di daerah Curug Dago tepatnya di Prasasti Curug Dago.

Prasasti Curug Dago berada dalam kawasan hutan lindung dan daerah perbukitan, di Kampung Curug Dago, Desa Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, dengan keletakan geografis pada garis koordinat 107º 37'044" BT dan 06º 51'562" LS dan daerahnya merupakan dataran tinggi ± 1310 m di atas permukaan air laut.

Dua prasasti terletak ± 10 km di sebelah timur laut dari pusat kota Bandung, di tebing Sungai Cikapundung tidak jauh dari air terjun Curug Dago dalam kondisi insitu dan utuh. Lokasi prasasti dapat ditempuh melalui Jalan Ir. Juanda/Dago turun di Dago Tea House (Teehuis) / Balai Pengelolaan Taman Budaya dan dari lokasi itu dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni tangga beton sampai ke lokasi prasasti.

Pada tahun 1896 Raja Thailand ke 5 Chulalongkorn yang Agung (Rama V) datang ke Indonesia dengan tujuan mempelajari pendidikan militer dan pembuatan kereta api yang berada di wilayah Bandung-Cimahi Jawa Barat karena Raja Thailand menginginkan di negaranya ada pembangunan jalur kerata api yang saat itu belum ada.

Pada Tahun 1901 Raja Thailand ke 7 Pangeran Prajatthipok Paramintara kembali datang ke Indonesia dan menorehkan sejarah yaitu berupa tulisan (tetenger). Tetenger tersebut ditemukan pada tahun 1990 oleh saudara Oemas sehingga pada tahun 1991 adakan penelitian antara kedua negara dan pada tahun 1992 resmi diakui bahwa Raja Thailand ke 5 dan Ke 7 pernah datang ke Indonesia dengan dibuktikan adanya tulisan (tetenger) di Curug Dago yang sekarang ini sudah dibuatkan prasasti sekaligus tempat tersebut sudah menjadi obyek wisata.

Kegiatan karya wisata ini dipandu oleh Letkol Thanit sebagai penanggung jawab dan pengajar pembekalan bahasa Thailand serta diikuti oleh seluruh Perwira Siswa Pembekalan serta didampingi oleh Perwira Staf dari Departemen bahasa dan Satuan Pendidikan. Kegiatan ini selain digunakan untuk memperkenalkan kerjasama yang dimiliki oleh kedua Negara yakni Indonesia dan Thailand, karya wisata ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya khususnya benda-benda sejarah yang dimiliki oleh Negara Indonesia.

 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH

KODIKLAT 2013